Senin, 21 April, 2014
Laporan Workshop Madrasah Mandiri

Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan
2005, 13 hlm.


Pada tahun 2003, Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan menyelenggarakan Workshop Madrasah Mandiri. Workshop ini  bertujuan mengkaji laporan evaluasi hasil uji coba penerapan konsep madrasah mandiri, dan menyempurnakan konsep yang menjadi pedoman bagi implementasi madrasah mandiri. Output yang diharapkan adalah tersedianya bahan penyempurnaan konsep madraah mandiri seuai kebutuhan, dan tersusunnya materi penyempurnaan bahan acuan implementai madrasah mandiri.

Kegiatan workshop ini meliputi tiga tahapan, yakni persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Pelaksanaan kegiatan ini selama tiga hari, diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari Departemen Agama Pusat, Kanwil, dan Kandepag  yang menjadi lokasi madrasah uji coba, serta sejumlah perguruan tinggi.

Workshop menggunakan pendekatan partisipatif  dan andragogik. Metode yang digunakan meliputi; ceramah, diskui, penugasan, telaah kritis, dan presentasi.
Beberapa hasil workshop ini antara lain: 1) Kegiatan workshop dapat berjalan sesuai yang diharapkan, baik dilihat dari tahap persiapan, pelaksanaan, sampai pada penyusunan laporan. Kelancaran tersebut memberikan andil yang sangat besar bagi upaya pencapaian output yang diharapkan; 2) wokshop mampu menghasilkan draft perbaikan konsep yang telah diujicoba sehingga relatif memadai karena berbagai masukan dan rekomendasi.

Berdasarkan hasil workshop di atas maka yang perlu ditindaklanjuti di masa mendatang adalah Rekomendasi konsep hasil revisi kiranya perlu disosialisasikan kembali sebelum diusulkan menjadi pedoman bagi penyelenggaraan madrasah mandiri.***